Suasananya Beda...

Pagi yang cerah mengawali kegiatan hari ini. Wajah-wajah ceria penuh semangat menambah cerahnya suasana. Tapi, ada yang sedikit berbeda pagi ini. Ya, hari ini adalah hari pertama Tes Kendali Mutu Mid Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012, tak terlihat rasa minder dalam hati mereka untuk menghadapinya.

Tet...tet... Bel tanda masuk pun dibunyikan sebelum jam 07.30 untuk apel pagi. Seusai apel, mereka mendengarkan taujih dari Ustadz Edy Purlani. Dalam taujihnya kali ini beliau menyampaikan pesan-pesan yang berhubungan dengan kegiatan tes. Diantaranya, anak-anak diharapkan bisa memanfaatkan waktu yang disediakan semaksimal mungkin, agar mereka tidak terburu-buru untuk keluar kelas. Selain itu, beliau berpesan supaya waktu istirahat tidak digunakan untuk bermain bola, tapi dimanfaatkan untuk belajar.

Ada yang beda pagi ini. Sebagai teladan, beliau tidak pernah mengingkari janjinya. Dibuktikan dengan pagi ini beliau memberikan hadiah berupa mushaf Al-Qur'an kepada 2 siswi kelas 1, yakni Alfi Nur Azumah kelas 1A dan Rafina Maulin Risdiana kelas 1B. Selain itu juga kepada 1 siswa kelas 2A Rofi'ur Rohman, tapi Opick, begitu panggilan akrabnya, hari ini tidak berangkat sekolah karena sakit. Mereka bertiga telah menyelesaikan shoum sunnah 6 hari di bulan Syawal. Hadiah tersebut hanya diberikan kepada kelas 1 dan 2 untuk menyemangati teman-teman dan kakak kelasnya. Bagi kakak kelas yang tidak diberi hadiah, jangan kecewa, Allah SWT akan memberi hadiah yang lebih di akhirat kelak. ^_^

Suasana beda mulai terasa lagi ketika masuk kelas. Kelas menjadi begitu tenang setelah soal tes dibagikan. Ya, nampaknya mereka benar-benar serius dalam mengerjakan soal tes tersebut. Seakan tak rela kalau nilainya di bawah KKM dan harus remidi (Yee, siapa juga yang kepengin remidi. Bahkan ada banyak siswa yang curang hanya untuk mendapat nilai di atas KKM. Tapi tentunya bukan siswa SDIT Zaid bin Tsabit...). Waktu yang disediakan pun mereka gunakan dengan sebaik mungkin,.Selesai mengerjakan soal, mereka gunakan waktu untuk meneliti pekerjaanya.


Bel pun berbunyi tiga kali, tandanya waktu mengerjakan sudah selesai dan saatnya beristirahat. "Alhamdulillah... selesai juga tes yang pertama. Ambil senack yuk...!" seru seorang siswa mengajak temannya mengambil snack di dapur. Lagi-lagi ada yang beda! Nampaknya anak-anak memahami betul nasihat dari Kepala Sekolah saat apel pagi. Suasanya istirahat tak seramai biasanya, siswa kelas atas pun sudah tidak bermain bola di halaman depan. 
 
Setelah selesai sholat Dhuhur, para siswa keluar dari masjid Ahmad Rodnah, mengambil tas di kelas dan menuju halaman depan karena jemputan sudah menanti. Kecuali 9 anak kelas 6 yang harus ikut ujian praktik TIK. Meskipun sedikit tertunda, akhirnya ujian bisa selesai jam 13.00. Ya, benar-benar beda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages