Karangpamitran Pembina Pramuka Siaga


Tugas pokok gerakan pramuka adalah menyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia, dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia.
Tujuan Gerakan Pramuka adalah : 
  1. membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur: tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat keyakinan beragamanya; cerdas dan terampil; kuat dan sehat fisiknya  
  2. membentuk warga negara Indonesia yang: berjiwa Pancasila; setia dan patuh kepada negara kesatuan republik Indonesia; sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara 
Untuk mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut diperlukan adanya pembinaan pramuka yang mampu membina peserta didiknya dengan sebaik-baiknya di tiap-tiap gugus depan pramuka. Peran dan fungsi pembina pramuka di gugus depan sangat menentukan bagi proses pendidikan peserta didiknya, maka perlu adanya pembinaan terus-menerus melalui pertemuan-pertemuan pembina pramuka.

Karang pamitran adalah pertemuan pembina pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinannya Karang pamitran adalah salah satu usaha penyegaran, tukar pengalaman, penambahan pengetahuan dan ketrampilan, yang tidak merupakan jenis dan jenjang kursus, melainkan merupakan salah satu pendidikan informal untuk orang dewasa Pembina pramuka yang dimaksud dalam petunjuk penyelenggaraan ini termasuk pula pembantu pembina pramuka.

Tujuan karang pamitran adalah untuk membina dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta menambah dan mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan bagi para pembina pramuka sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di gugusdepan dan satuannya dengan pengabdian dan tanggungjawab yang tinggi.

Mengawali tahun 2018 ini Kwartir Ranting Mungkid mengadakan Karang Pamitran untuk Pembina Siaga bersamaan dengan kegiatan Dianpinrung dan Seleksi Pramuka Siaga Garuda. Pada kesempatan ini salah satu Pembina Pramuka dari SDIT Zaid bin Tsabit, Kak Abdullah Joko Triono berperan sebagai pemateri. Adapun fokus materinya adalah administrasi gugus depan dan proses penyelesaian SKU maupun SKK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages