Generasi Zaid bin Tsabit

Generasi Zaid bin Tsabit


Siapakah Zaid bin Tsabit? Beliau adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikenal sangat cerdas sejak kecil. Sejak muda dia sudah dipercaya menjadi sekretaris Nabi, penulis wahyu Allah, penulis dan penerjemah surat-surat Nabi. Bisa mempelajari bahasa Ibrani selama 15 hari dan bahasa Suryaniyah dalam 17 hari.

Pemuda Anshar dari bani Najjah ini dipertemukan dengan Rasulullah di usia 11 tahun dalam kondisi sudah menghafal 16/17 surat Alqur'an dan terus menghafalkannya sampai seluruh isi Alqur'an dibacakan Nabi Muhammad SAW secara runtut seperti urutan yang kita ketahui sekarang. Zaid bin Tsabit radhiallahu ‘anhu pernah menyetorkan hafalannya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun wafat beliau. Di tahun itu, Zaid menyetorkan hafalannya sebanyak dua kali. Dan qiro-at tersebut dinamakan qiro-at Zaid bin Tsabit. Karena dia pula yang menulis dan mengajukannya kepada Nabi agar dikoreksi. Dan teks tersebut beliau bacakan kepada orang-orang hingga beliau wafat.

Generasi Zaid bin Tsabit adalah mereka yang senantiasa meneladani Rasulullah, generasi pembelajar yang senantiasa taat kepada Allah, terus mempelajari, membaca, menghafal dan mengamalkan Alqur'an. Semoga generasi cerdas seperti Zaid bin Tsabit bisa terlahir kembali melalui pendidikan di SD IT Zaid bin Tsabit. SD Islam Terpadu ini selain menggunakan pembelajaran kokurikuler juga melaksanakan ekstrakurikuler dalam mendidik siswa-siswinya. Ektrakurikuler wajibnya adalah Pramuka SIT. Pramuka SIT bertujuan menjadikan generasi taqwa, tangguh, tangkas dan teguh dalam pribadi yang sholih. Tujuan ini juga sejalan dengan target sekolah untuk melahirkan generasi Zaid bin Tsabit di jaman now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages