Semangat Badar dalam PETUAH Generasi XXII

Semangat Badar dalam PETUAH Generasi XXII



Sabtu-Ahad, 9-10 Desember 2023 telah dilaksanakan Perkemahan Sabtu-Ahad (PETUAH) generasi XXII di Bumi Perkemahan Wana Pertiwi Muntilan dalam rangka mencapai syarat kecakapan umum penggalang pangkalan SD IT Zaid bin Tsabit. Petuah Generasi XXII mengambil tajuk “Menjadikan Generasi yang Takwa, Tangguh, Tangkas, dan Teguh dalam Pribadi yang Sholih” dengan muatan semangat Badar dalam melawan kedzaliman.

Para peserta mengawali agenda dengan pembuatan tenda, upacara pembukaan bersama Kak Ristina Susanti, S.T.P., S.Pd., Gr. selaku ketua majelis pembimbing gugus depan (kamabigus), dilanjutkan dengan penyampaian tata tertib peserta oleh pembina pramuka. Setelah ishoma, setiap regu mengirimkan anggotanya untuk mengikuti penilaian pengetahuan umum dan keislaman (PUK), yel-yel, baris-berbaris, pionering, sandi morse dan sandi rumput. Seluruh penilaian mengambil kisah perang Badar sebagai muatan pokok. MasyaAllah dalam PUK ada satu regu putra dan satu regu putri yang mendapat skor sempurna, menandakan peserta memahami dengan detail perjuangan Rasulullah dalam perang Badar. Yel-yel yang mereka ciptakan pun sangat kreatif. Kompetisi antar regu mampu melejitkan potensi mereka.

Setelah sholat asar berjamaah, peserta memasak menu sop sayuran dan tempe goreng. Kegiatan ini melatih life skill memasak menggunakan anglo. Alhamdulillah peserta menikmati makan sore dengan hasil masakan bersama regu masing-masing. Peserta melanjutkan bersih diri, membaca ma'tsurat petang, sholat maghrib berjamaah, tilawah dan shalat isya berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan taujih tentang peristiwa perang Badar oleh Kak Faizin dan penugasan mencari slayer Petuah oleh masing-masing regu.

Dini hari seluruh peserta dan pembina melaksanakan qiyamul lail dilanjutkan sholat subuh, ma'tsurat pagi, memasak dan sarapan. Peserta juga silaturahim ke rumah warga untuk berbagi bingkisan. Peserta belajar berbicara dengan santun kepada warga untuk berterima kasih dan meminta maaf.

Hujan tak menghalangi peserta untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu outbond yang dipandu Kak Faizin. Game terakhir bertajuk perang Badar menggunakan senjata air, peserta dibagi 2 kelompok, putri melawan putri dan putra melawan putra saling menyerang dengan air agar tepat mengenai lawan. Kegiatan dilanjutkan bersih diri, berkemas, upacara penutupan dan bongkar tenda.

Atas izin Allah rangkaian kegiatan Petuah Generasi XXII dapat dilaksanakan dengan lancar. Generasi XXII semakin mengenal karakter teman-temannya dan semoga menjadikan mereka semakin solid. Lelah memang, namun semoga pengalaman bermakna yang mereka dapatkan. Semoga semangat Badar teriring semangat kePalestinaan akan tertanam kuat dalam jiwa mereka dan membangkitkan semangat juang pada diri masing-masing sebagaimana tema yang diambil menjadikan generasi yang takwa, tangguh, tangkas dan teguh dalam pribadi yang sholih. (Dandelionasri)

Pendirian Tenda



Upacara Pembukaan


Penilaian Pengetahuan Umum dan Keislaman




Penilaian Sandi dan Semaphore


Memasak untuk makan sore


Outbond



Penyerahan reward untuk regu terbaik 1, 2, 3




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages