Workshop Peningkatan Kompetensi Guru "Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Sekolah Dasar"

 


Sabtu, 2 Desember 2023 Kepala Sekolah dan para guru SD IT Zaid bin Tsabit Mungkid mengikuti kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru yang bertema "Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Sekolah Dasar". Workshop tersebut menghadirkan Dr. Rasidi, M.Pd. sebagai narasumber, beliau adalah salah satu dosen jurusan PGSD di Universitas Muhammadiyah Magelang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 42 guru.


Guru diharapkan menjadi sosok yang disukai oleh para murid dengan menyajikan pembelajaran yang menarik, kreatif, inovatif, dinamis, dan juga kontekstual. Dr. Rasidi, M.Pd menyampaikan bahwa dalam pembelajaran guru berfungsi sebagai fasilitator, yang seharusnya bisa memberikan pengalaman bermakna bagi murid. Kegiatan pembelajaran guru diharapkan mampu menstimulus murid dengan cara melakukan brainstorming di awal pembelajaran, serta perlunya refleksi di akhir pembelajaran untuk mengetahui umpan balik murid.

Dalam Kurikulum Merdeka guru diharapkan mampu merancang pembelajaran diferensiasi yang terdiri dari:

1. Diferensiasi Konten

2. Diferensiasi Proses

3. Diferensiasi Produk

4. Diferensiasi Lingkungan Belajar

Penerapan pembelajaran diferensiasi harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan gaya belajar siswa; auditori, visual atau kinestetik. Di samping itu kegiatan pembelajaran yang bersifat kolaboratif juga perlu dilakukan untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi murid. 


Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Peserta juga begitu antusias dalam mengikuti kegiatan workshop tersebut.(Almagholi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages