Mukhayyam Al-Qur'an untuk Guru dan Karyawan Zabitsa

 

SD IT Zaid bin Tsabit Bersama Al Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an. Sudah selayaknya kita meningkatkan interaksi kita bersama Al-Qur'an sehingga kita mendapatkan keberkahan Allah dan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman kehidupan kita sehari-hari. 


Dua Jumat berturut-turut SD IT Zaid bin Tsabit mengadakan Mukhayyam Qur'an (MQ) Siswa. Siswa murajaah surat-surat yang sudah dihafal di depan musyrif masing-masing.  Pada Jumat keempat, 5 April 2024 dilaksanakan penutupan agenda Ramadan berupa motivasi Quran, pembagian hadiah bagi peserta MQ terbaik, tasmi' Al-Qur'an oleh perwakilan peserta MQ terbaik, dilanjutkan dengan taujih penutup Ramadan, doa dan bersalam-salaman. 


Tak kalah semangatnya dengan siswa,  guru dan karyawan juga mengikuti Mukhayyam Al-Qur'an pada hari Sabtu, 6 April 2024. Kepala sekolah, guru dan karyawan semua mengikuti rangkaian acara dengan antusias. Kepala Sekolah Ibu Ristina Susanti, S.T.P., S.Pd., Gr.,  berpesan dalam pembukaan MQ tentang perlunya kita meningkatkan tilawah dan pengamalan Al-Qur'an sehingga menjadi wasilah keberkahan Allah pada sekolah kita. Ibu Ida Ristiyani, S.Pd. selaku ketua panitia mengingatkan agar para guru dan karyawan terus bersemangat dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur'an. Agenda dilanjutkan dengan setoran hafalan sesi pertama, taujih, shalat dzuhur berjamaah, setoran hafalan sesi kedua dan penutup. 


Taujih disampaikan oleh KH. Muhtadi Kadi, Lc. dengan mengambil tema "Hikmah dari QS. Ar-Rahman Bagi Pendidik", beliau mengingatkan kepada guru dan karyawan untuk senantiasa bersandar kepada Allah, membiasakan hal-hal yang baik serta meneladani para salih pendahulu yang mereka beriman bertaqwa kepada Allah juga Allah karuniakan ilmu karena kesungguhan mereka, beliaulah Ibnu Sina penemu ilmu kedokteran, Ibnu Faraby penemu rumus kimia dan angka 0, Ibnu Khaldun penulis Buku Muqaddimah, tak ketinggalan pula Zaid bin Tsabit yang pada usia 15-17 tahun sudah menjadi sekretaris pribadi Rasulullah dengan penguasaan berbagai bahasa serta budaya membaca dan menulis yang melekat padanya. Umat Islam akan maju jika terus mempertahankan kebiasaannya sebagai manusia terbaik yang tercermin dalam amal sholih di bulan Ramadan. Urusan akhirat prioritas maka urusan dunia pasti tuntas. Urusan akhirat disiplin maka urusan dunia akan dijamin.


Beliau berpesan bahwa kunci mendidik generasi adalah al-qudwah al-hasanah. Kebaikan akan cepat diterima tetapi akan cepat hilang, perlu adanya sosok-sosok yang menjadi suri teladan karena contoh tindakan akan jauh lebih berdampak daripada 1.000 perintah. Tim yang solid, satu frekuensi, satu visi dengan kesungguhan dan pengorbanan akan membuat dampak yang luar biasa, menjadi penggerak dan uswah hasanah bagi sekitarnya. Di akhir sesi panitia membagikan doorprize bagi beberapa kriteria. Empat doorprize terakhir diberikan kepada guru dan karyawan yang menyebutkan nama surat dalam Al-Qur'an dan menyebutkan kandungannya. Semoga rangkaian agenda ini membuat kita semakin solid untuk terus bertumbuh, beramal dan berdampak dalam naungan Al-Qur'an. (Dandelion Asri&Real Muslimah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages