Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi SD IT Zaid Bin Tsabit Tahun 2024

Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi Sdit Zaid Bin Tsabit Tahun 2024

Oleh: Lilis Prihati, S.Pd.I.


        SD IT Zaid bin Tsabit bekerjasama dengan Ummi Foundation Korda Magelang menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Guru Al Qur’an Metode Ummi pada tanggal 23 s.d. 25 Mei 2024. Sebanyak 18 guru SD IT Zaid bin Tsabit yang mengikuti kegiatan ini, ditambah dengan 13 peserta dari lembaga lain. Kegiatan yang bertempat di Aula SD IT Zaid bin Tsabit, Blondo, Mungkid ini menghadirkan 4 Trainer dari Ummi Korda Magelang, di antaranya Ustadz Faisal Tri Atmaja, uUstadz M. Shodiq, Ustadz Khanifudin dan Ustadzah Resti Budi.

        Sertifikasi adalah salah satu tujuh program dasar Metode Ummi yang menjadi syarat mutlak seorang guru untuk mengajar Metode Ummi. Tanpa sertifikasi guru, buku Ummi menjadi tidak berarti apa-apa dan kehilangan kekuatan sebagai metode yang mudah, cepat, dan berkualitas serta kehilangan ruh sebagai metode yang menyenangkan dan menyentuh hati.


        Ustadz Faisal yang juga merupakan Ketua Korda Ummi menyampaikan dalam pembukaan sertifikasi, bahwa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Al-Quran Metode Ummi adalah Pendekatan Bahasa Ibu. Ada 3 strategi yang digunakan Bahasa Ibu, yaitu langsung, diulang-ulang dan kasih sayang yang tulus. Pendekatan ini sangat cocok bagi anak-anak dalam pembelajaran Al-Qur’an.


        Kepala SD IT Zaid bin Tsabit, Ibu Ristina Susanti dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sertifikasi ini bertujuan untuk membantu guru SD IT Zaid bin Tsabit dalam meningkatkan kemampuan metodologi pengajaran dan pembelajaran Al Qur’an yang efektif, mudah, menyenangkan, sekaligus dapat menerapkan manajemen kelas yang efektif.


        Rangkaian kegiatan sertifikasi ini di awali dengan Tahsin (Pembenahan cara baca Al-Qur’an dari jilid 1-6). Kemudian, Tashih bacaan Al Qur’an (pemetaaan kemampuan guru Tahsin), dilanjutkan dengan kegiatan sertikasi Selama 3 hari. Rangkaian kegiatan sertifikasi yaitu pre-test, pendalaman tentang visi dan misi Metode Ummi, sistem manajamen Ummi, metodologi pengajaran Ummi Jilid 1 sampai 6, metodologi pengajaran Al-Qur’an, metodologi pengajaran tajwid, Metodologi pengajaran Ghorib, Micro Teaching, pengelolaan kelas (Classroom Management) dan post test.

        Alhamdulillah, kegiatan sertifikasi guru Al Qur’an metode Ummi selama 3 hari berjalan dengan lancar. Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan juga keberkahan untuk SDIT Zaid bin Tsabit. Amin Ya Rabbal'alamiin.




 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages