ASTS yang Menyenangkan

 


Asesment Sumatif Tengah Semester I yang Menyenangkan

Ditulis oleh Fitroh Muthaharoh, S.Pd.

Guru SD IT Zaid bin Tsabit Mungkid


Hari ini tanggal 17 September 2024, menjadi hari yang menyenangkan. Menyenangkan bagi para guru karena usaha maksimal yang selama ini diberikan kepada anak didik di jenjang kelasnya akan diujikan. Ini tandanya akan menjadi momentum terindah seberapa daya serap anak-anak saat mengikuti KBM di kelas. Menyenangkan juga bagi anak-anak  jenjang kelas 1. Karena ini adalah kali pertama mereka menorehkan hasil karyanya di selembar jawaban yang bernama ASTS (Asesmen Sumatif Tengah Semester). Jawaban yang tertuang dalam goresan pensilnya akan menjadi sesuatu yang berharga dalam mendorong semangatnya untuk tetap terus berkarya. Menyenangkan pula untuk anak-anak jenjang kelas 2 sd 6. Karena hari yang dinanti akhirnya tiba juga. Persiapan dan segala usaha maksimalnya akan segera dibuktikan mulai hari ini sampai tanggal 26 September 2024. 


Begitupun bagi orangtua, menyenangkan juga momentum ASTS seperti ini. Do'a, usaha, dan ikhtiar yang terbaik untuk putra putrinya. Walaupun setiap hari berdo'a untuk putra putrinya tercinta. Namun setiap putra putrinya melaksanakan tes pasti ada sebait unggulan do'a untuk lancar dan suksesnya. 


Sambut hari-hari ASTS dengan suasana yang menyenangkan. Jauh dari kebimbangan, kegundahan, dan keraguan. Percayalah, anak-anak adalah bintang. Anak-anak adalah lecutan semangat bagi orangtua dan guru. Jika kita tenang, anak-anak pasti senang. Jika kita senang, anak-anak pasti asyik berpetualang. Jadikan setiap momentum Tes anak sebagai ajang pembuktian. Seberapa besar rasa syukur kita terhadap kemampuan anak-anak kita. Walaupun tak jarang, ada yang menjadikan momentum Tes ini sebagai ajang pengakuan. "Ini lho Ayah, ini lho Ibu, dulu pasti juara kelas. Harusnya kamu juga bisa seperti kita". Maaf ya Pak, Maaf ya Bu. Anak-anak adalah sang juara untuk kemampuannya masing-masing. Anak-anak adalah sang bintang yang kelak akan bersinar di tempat dan suasana yang tepat. Tugas kita adalah, bersyukur tanpa berukur. Bersyukur atas usaha maksimal anak. Jangan berukur pada kemampuan kita. Karena mereka punya kemampuan masing-masing.


Selamat menikmati ASTS dengan menyenangkan. Hasil terbaik serahkan pada Allah. (Di Sudut kelas di ujung kulon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages