Supervisi Pembelajaran Al-Qur'an di SD IT Zaid bin Tsabit oleh Korda UMMI Magelang


Supervisi Pembelajaran Al-Qur'an di SD IT Zaid bin Tsabit oleh Korda UMMI Magelang

Ditulis oleh Asri Satiti, S.Pd.

Koordinator Al-Qur'an SD IT Zaid bin Tsabit


 Alhamdulillah bini'matihi tatimmush shalihat, segala puji bagi Allah yang  memperkenankan sekolah kami bertumbuh bersama Metode Ummi kurang lebih satu bulan ini. Kamis-Jumat, 5-6 September 2024 Ummi Korda Magelang melakukan supervisi dan pembinaan tahap pertama di SD IT Zaid bin Tsabit Mungkid. Supervisi dilakukan oleh dua orang trainer Ummi Korda Magelang yaitu Ustadz Faisal Tri Atmaja dan Ustadz Ahmad Khanifudin.

Ustadz Faisal turut memantau agenda shalat dhuha di sekolah dan memberikan feedback. Selanjutnya kedua trainer menyupervisi pembelajaran Al-Qur'an sesi 1 yang diikuti kelas 1 dan 6. Supervisi dilanjutkan di sesi 2 yang diikuti kelas 2 dan 5, lalu sesi 3 yang diikuti kelas 3 dan 4.



Kamis siang kepala sekolah bersama sebagian guru Al-Qur'an mengikuti feedback supervisi hari pertama, kegiatan diawali murojaah dan tahsin. "Supervisi bukanlah ajang mengorek-orek kekurangan tetapi melihat sisi positif untuk menjaga mutu pembelajaran Metode Ummi", kata Ustadz Faisal. Ada dua hal yang Ustadz tekankan untuk diperbaiki di hari selanjutnya yaitu formasi duduk saat pembelajaran harus 'letter U' proporsional dan pengondisian doa dengan tempo lebih cepat untuk efektivitas waktu.



Hari Jumat guru-guru Qur’an kembali disupervisi Ustadz Faisal dan Ustadz Khanifudin. Beliau menyampaikan bahwa guru-guru sudah mulai menerapkan formasi duduk dan doa yang lebih baik sesuai arahan sebelumnya. Selesai pembelajaran beberapa guru Qur'an yang belum lulus ditashih kembali oleh Ustadz Faisal. Hasilnya ada yang sudah naik dan masih ada yang tetap. Guru-guru menerima dengan lapang dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas bacaannya dengan lebih intensif mengikuti tahsin bersama koordinator Qur'an sebagaimana arahan Ustadz Faisal.


Setelah shalat Jumat dilakukan kegiatan pembinaan yang berisi penyampaian feedback hasil supervisi, arahan Ketua Korda Magelang, sharing-sharing dan sambutan kepala sekolah. Ustadz Khanifudin menyampaikan feedback hasil supervisi dengan sangat detail kepada ibu kepala sekolah dan seluruh guru al Qur'an. Para trainer menyampaikan hal baik yang sudah dilaksanakan di sekolah mulai dari standar fisik, standar proses dan standar kualitas. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan hal-hal yang perlu ditingkatkan agar kualitas pembelajaran semakin baik.


Satu bulan ini amat membelajarkan kami dan tentu saja ada temuan kendala di kelas yang disharingkan beberapa guru kami. Alhamdulillah arahan dari trainer dan sharing dari sesama guru bisa memberikan opsi untuk dicoba ke depan agar menciptakan kelas idaman. Setiap persoalan pasti ada jawaban, mintalah pertolongan Allah dan saudara-saudara yang punya trik mengatasinya. Roba-yarbu, tumbuh dan berkembang, libatkan Allah dalam setiap urusan kita. Selalulah berprasangka baik pada Allah. Sesekali doakan anak-anak di depan mereka, tunjukkan betapa kita gurunya selalu menginginkan kebaikan tumbuh dalam diri mereka. Jangan pernah menyerah, inilah saatnya memantik kebaikan di dalam diri anak-anak. Akan selalu ada kebaikan selama Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.



Di akhir sesi ibu Ristina Susanti, S.T.P., S.Pd., Gr. menyampaikan meski kita baru mendapat predikat cukup baik di supervisi pertama ini, jadikan sebagai pemicu untuk terus memperbaiki kualitas pembelajaran al Qur'an. Ibu kepala sekolah juga memohon doa dari para Ustadz agar kami di SD IT Zaid bin Tsabit senantiasa istiqomah di dalam dakwah al Qur'an ini. Untuk para guru, beliau berpesan tetap semangat dan selalu memantaskan diri, selalu berikan afirmasi positif pada diri di setiap paginya, bismillah. Yakinlah dengan diri terlebih yakinlah Allah akan memudahkan langkah dalam membimbing anak-anak kita. Ustadz Khanifudin menutup dengan mengingatkan selalu perbarui niat kita, semoga setiap kita tetap dalam dakwah fisabilillah dan Allah catat sebagai kebaikan. Aamiin. (Dandelionasri)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages